SEJARAH PERKEMBANGAN KOMPUTER

Posted: 22 Februari 2011 in Organisasi dan Arsitektur Komputer

Komputer adalah alat yang dipakai untuk mengolah data yang telah dirumuskan untuk melakukan perhitungan aritmatika. Di Abad 21 ini komputer tidak hanya sebagai alat penghitungan aritmatika saja, namun sudah menjadi alat informasi serta komunikasi yang mutakhir dan mudah untuk digunakan.

Berikut adalah sejarah lahir dan perkembangan komputer dari komputer ENIAC hingga Microprocessor.

Komputer Generasi Pertama (1940-1959)

Komputer pertama kali dirancang oleh John Presper Eckert (1919-1995) dan John W. Mauchly (1907-1980) dan dikembangkan di Amerika Serikat pada tahun 1940. Mereka memberi nama komputer itu ENIAC yang merupakan singkatan dari Elektronic Numerical Integrator and Computer. Komputer ini awalnya dikembangkan dan digunakan untuk mendisain pesawat militer untuk perang dunia kedua. Dan ukuran ENIAC ini sangat besar, hampir setara dengan setengah lapangan bola. Bahkan spesifikasinya membutuhkan 17.468 tabung vakum 7.200 dioda kristal, 1.500 pemancar, 70.000 resistor, 10.0000 kapasitor dan sekitar 5 juta sambungan yang disolder dengan tangan. Beratnya 27 ton dan mengkonsumsi energi listrik sebesar 160 kW.

ENIAC

Komputer Generasi Kedua (1959-1964)

Penemuan transistor sangat mempengaruhi perkembangan komputer. Penemuan transistor ini terjadi pada tahun 1948. Transistor menggantikan tube vakum yang ada pada televisi, radio dan komputer. Oleh karena itu mesin elektrik banyak berkurang drastis. Dan pada tahun 1956, transistor mulai digunakan dalam komputer. Dalam waktu yang sama para peneliti melakukan pengembangan-pengembangan sehingga komputer generasi kedua ini lebih kecil, lebih cepat, dan lebih hemat energi dibanding para pendahulunya. Hal ini dikarenakan perkembangan berupa memori inti magnetic. Mesin pertama yang memanfaatkan ini adalah superkomputer. Perusahaan yang membuat superkomputer adalah IBM. IBM membuat superkomputer yang bernama Stretch, dan Sprery-Rand dan membuat komputer bernama LARC.

Tahun 1960-an, mulai bermunculan komputer generasi kedua yang sukses di bidang bisnis, di Universitas dan di pemerintahan. Dan tahun 1965, hampir seluruh bisnis-bisnis besar menggunakan komputer generasi kedua untuk memproses informasi keuangan.

KOMPUTER GENERASI 2


Komputer Generasi ketiga (1964-1970)

Jack Kilby, seorang insinyur di Texas Instrument, mengembangkan sirkuit terintegrasi IC ( integrated circuit ) pada tahun 1958. IC ini dikombinasikan dengan tiga komponen elektronik dalam sebuah piringan silikon kecil yang terbuat dari pasir kuarsa. Hal ini disebabkan karena transistor menghasilkan panas yang cukup besar, yang berpotensi merusak bagian-bagian internal komputer. Para peneliti kemudian berhasil memasukkan komponen tersebut ke dalam suatu chip tunggal yang disebut semikonduktor. Hasilnya, komputer menjadi semakin kecil karena komponen-komponen dapat dipadatkan dalam chip. Komputer generasi ketiga ini mampu menggunakan sistem operasi dan mampu menjalankan berbagai program yang berbeda secara serentak dengan sebuah program utama yang memonitor dan mengkoordinasi memori komputer.


CHIP

 

Komputer Generasi Keempat (1970-1980)

Komputer generasi keempat merupakan kelanjutan dari generasi III. Bedanya bahwa IC pada generasi keempat ini lebih kompleks dan terintegrasi. Sejak tahun 1970 ada dua perkembangan yang dianggap sebagai komputer generasi keempat ini. Yang pertama ialah penggunaan Large Scale Integration (LSI) yang disebut juga dengan Bipolar Large Large Scale Integration.

LSI merupakan pemadatan beribu-ribu IC yang dijadikan satu dalam sebuah keping IC yang disebut chip. Istilah chip digunakan untuk menunjukkan suatu lempengan persegi empat yang memuat rangkaian terpadu IC. LSI kemudian dikembangkan menjadi Very Large Scale Integration (VLSI) yang dapat menampung puluhan ribu hingga ratusan ribu IC. Kemudian seiring berjalannya waktu dikembangkanlah komputer mikro yang menggunakan mikroprosesor dan semikonduktor yang berbentuk chip untuk memori komputer internal sementara generasi sebelumnya menggunakan magnetic core storage.

Komputer Generasi kelima (1980-an-sekarang)

Akhir tahun 1980, IBM memutuskan untuk membangun sebuah komputer personal (PC) secara massal, yang pada tanggal 12 Agustus 1981 menjadi sebuah standar komputer PC, dan pada akhirnya hingga saat ini PC dikenal dengan nama standar IBM-PC. Prosesor yang digunakan adalah 8088/8086 yang menjadi standar komputer saat ini, menggunakan basis proses 16 bit persatuan waktu. Dengan lahirnya komputer generasi kelima ini, IBM bekerja sama dengan Microsoft untuk mengembangkan software di dalamnya. Hingga saat ini Microsoft mendominasi kebutuhan software di dunia PC.

Pada perkembangan selanjutnya perubahan besar terjadi sejak IBM-PC diperkenalkan dan bukan menjadi satu-satunya manufaktur PC-compatible, maka standar baru dalam dunia industri PC lebih dikembangkan oleh perusahaan lain seperti Intel dan Microsoft yang dipelopori oleh Bill Gates.

Pada akhir tahun 2000 Intel memperkenalkan prosesor baru yaitu Pentium 4, yang merupakan prosesor terakhir dalam keluarga Intel dengan arsitektur 32 bit (IA-32). Dan dengan seirinya waktu berjalan Intel terus berinnovasi dan mengeluarkan prosessor baru yang mutakhir yaitu Dual Core, Core 2 Duo, Core 2 Quad, Core 2 Extream, dan prosessor terbaru saat ini ialah Intel Core i3, Core i5, dan Core i7.

PC                                                                                                                                                                 PROCESSOR

referensi dari http://id.wikipedia.org/wiki/Sejarah_komputer

Tinggalkan komentar